Akses Data Terbuka Berbasis Web

Open Data adalah fasilitas data yang disediakan oleh Bank Dunia. Informasi merupakan kebutuhan penting untung menunjang literasi informasi. Sejak web generasi 2.0 dirilis pada 2003, setiap orang dapat berbagi-pakai data kepada publik; seperti file dan video sharing, torrent file sharing, atau yang sedang marak belakangan ini, teknologi komputasi awan (cloud computing). Apa Anda yakin untuk terus menggunakan kertas atau media cetak lain?

Statistik Pendidikan

 

Efisiensi dan efektifitas penggunaan teknologi berbasis digital seperti web dapat menunjang pertukaran informasi relatif lebih cepat dibandingkan dengan media cetak apa pun. Bahkan, program Open Data yang memuat data fundamental banyak negara di dunia, termasuk Indonesia, dapat diakses dengan mudah dan terbuka. Banyak indikator yang sangat bermanfaat seperti pembangunan dunia, statistik gender, statistik pendidikan, proyek & operasi, survei, iklim, keuangan, dan banyak indikator lainnya. Anda dapat memberdayakan indikator-indikator tersebut untuk menyusun grafik, pemetaan, komparasi, dan keperluan lainnya. Serius, Anda masih berpikir untuk menggunakan kertas atau media cetak lain?

Baiklah kalau begitu. Saya berikan contoh file sharing yang radikal, WikiLeaks – sebuah media massa berskala internasional yang mengungkapkan dokumen-dokumen rahasia negara dan perusahaan kepada publik. WikiLeaks dirilis pada tahun 2006 dan menjadi kontroversi pada tahun 2010 karena pembocoran dokumen perang di Afghanistan. Bayangkan, jika kita masih menggunakan media cetak? butuh berapa lama untuk mencari satu kata atau frasa?

Ya ampun, Anda masih berpikir untuk menggunakan kertas? Ayolah, berapa banyak pohon yang harus ditebang (lagi)?

Baiklah kalau Anda masih ingin menggunakan kertas. Setidaknya, mulailah mengurangi penggunaan kertas atau gunakan kertas daur ulang. Go paperless!

Data-data terbuka yang dibagikan melalui teknologi berbasis web akan terus berkembang seiring dengan kebutuhan manusia untuk informasi dan komunikasi. Bahkan, teknologi pun dapat mengungkap bukti penipuan berbasis web. Misalkan, dalam kasus penipuan berbasis pendidikan perdagangan valuta asing dimana pelaku yang berusaha menghilangkan atau menghapus situs web yang dijadikan alat penipuan, akhirnya tidak dapat disangkal lagi oleh pelaku karena situs web yang telah dihapus tersebut dapat ditelusuri oleh mesin pencari “WayBack Machine”.

Mari optimalkan penggunaan teknologi karena banyak sekali data-data yang dapat diakses secara terbuka untuk banyak hal yang kita perlukan. \o/

Akses Data Terbuka Berbasis Web by Bayu Alfian is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.