FAQ

Pembaruan
  • Apa yang baru dari Infoligen?
    Kami memperbarui banyak hal di Infoligen seperti kebijakan, desain, fungsi penunjang penulisan, dan lain-lain. Pelajari lebih lanjut di halaman pembaruan.
  • Kenapa diperbarui?
    Kami membuat perubahan pada target utama penerima manfaat langsung dari layanan di situs ini, yaitu menyasar masyarakat usia 14 s.d. 28 tahun. Oleh karena itu, kami mengubah Infoligen supaya menarik sesuai segmentasinya.
  • Apakah pembaruan ini berimbas pada konten yang telah terbit sebelumnya?
    Ya. Tapi, ditujukan untuk meningkatkan layanan Infoligen. Misal, pada Infoligen yang baru ada fasilitas penghitung kunjungan yang mulai menghitung semua terbitan lawas dari nol.
  • Apakah sulit menggunakan Infoligen yang baru?
    Infoligen menggunakan platform WordPress yang mudah digunakan. Tutorial WordPress
Akses Terbuka
  • Apa yang dimaksud akses terbuka?
    Akses, kami definisikan sebagai sumber penting bagi publik untuk memulai segala hal. Misal, ketika kita mau merancang rumah, kita harus mulai dengan mempelajari bagaimana cara merancangnya. Maka, kita membutuhkan informasi. Ya, informasi adalah akses. Kami yakin akses harus terbuka, artinya setiap orang memiliki kebebasan untuk mengakses atau tidak sama sekali, menggunakannya atau tidak sama sekali.
  • Kalau akses harus terbuka, kenapa konten di tidak bebas untuk disalin?
    Kami menilai kebebasan bukan hanya hak yang harus didapatkan oleh penerima (dalam hal ini, pembaca) saja. Melainkan, hak bebas bagi pemberi (dalam hal ini, penulis) pun harus diupayakan. Artinya, setiap penulis dapat dengan bebas menentukan apakah karya mereka dapat disalin atau tidak, dapat diubah atau tidak. Secara umum, Infoligen berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 Intenational. Namun, penulis berhak untuk memberi lisensi lain ketika menerbitkan karyanya. Siapa pun bisa mengajukan permintaan pustaka media untuk karya-karya yang berlisensi “Non-Copyright”.
  • Apa yang dimaksud dengan pustaka media? dan apa hanya itu yang bisa diminta?
    Pustaka media adalah konten seperti gambar, video, suara, dan teks lampiran yang bukan merupakan konten artikel (misal, teks berformat .PDF, .doc, dan lain sebagainya). Ya, kamu hanya bisa meminta pustaka media, bukan konten artikel (teks). Meskipun begitu, konten artikel bisa diketik ulang atau dimodifikasi dari bentuk aslinya. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk memperkaya literasi, terutama dalam jaringan (internet). Silahkan ajukan permintaan pustaka media melalui email. Kami akan membantu dengan senang hati.
Emblem
  • Apa yang dimaksud dengan emblem di
    Emblem di Infoligen merupakan bukti resmi prestasi kamu yang diterbitkan oleh Yayasan Kartoenbitjara Indonesia (Yayasan KI) sebagai badan hukum di Indonesia. Emblem tersebut seperti emblem saat kamu berprestasi di kegiatan Pramuka, misalnya, hanya saja emblem di Infoligen merupakan grafis digital.
  • Emblem apa saja yang resmi diterbitkan oleh Yayasan KI?
    Kami telah menerbitkan emblem-emblem dalam Open Access Focus Program sebagai representasi penghargaan dari kami kepada partisipan atas jerih payahnya untuk membangun akses terbuka. Lihat daftar emblem yang telah diterbitkan.
  • Seberapa penting emblem tersebut?
    Secara ide, emblem ini penting karena sebagai bentuk penghargaan bagi setiap orang yang telah berpartisipasi dalam Open Access Focus Program. Sedangkan secara teknis, emblem ini penting karena merupakan rangkaian grafis dan metadata resmi yang diterbitkan oleh badan hukum dan berstandar pada platform Mozilla Open Badges Infrastruture (OBI). Artinya, kalau seseorang benar-benar menerima emblem resmi kami, maka akan ada metadata (informasi) bahwa emblem tersebut diterbitkan oleh Yayasan Kartoenbitjara Indonesia.
  • Bagaimana cara kerja emblem yang dimaksud?
    Untuk lebih jelas mengenai cara kerja Mozilla Open Badges Infrastucture (OBI), klik disini.
  • Bagaimana cara untuk memanfaatkan emblem?
    Kamu bisa menyebarkan emblem yang kamu dapatkan, melalui media sosial atau menempelkannya pada situsmu sendiri. Tunjukan kepada kolegamu atas waktu yang kamu sisihkan untuk berpartisipasi di Infoligen.
Keamanan Data Pribadi
  • Bagaimana keamanan data saya?
    Infoligen pernah mengalami serangan cyber dimana tampilan halaman memuat informasi (gambar dan teks) yang ofensif. Saat ini, kami terus berupaya menjaga keamanan data pribadi dengan pertimbangan kapasitas yang bisa dilakukan melalui layanan pihak ketiga seperti WangGuard untuk mencegah splogger dan spammer, Gravatar untuk membangun profil (data pribadi) secara global, dan Masuk menggunakan akun sosial (Facebook, Google, dan Twitter) yang aman dan mudah. Tentunya, keamanan tersebut didukung dengan pembaruan pada sistem kelola konten WordPress yang terus dikembangkan, maupun Wordfence dan CloudFlare. Meskipun begitu, mohon tidak memasukan informasi sensitif seperti data perbankan atau kartu kredit ke Infoligen hingga kami mengumumkan peningkatan keamanan lebih lanjut.
  • Kenapa tidak menggunakan SSL/TLS?
    Secure Sockets Layer (SSL) dan Transport Layer Security (TLS) merupakan layanan berbayar yang belum bisa kami realisasikan karena keterbatasan sumber daya kami. Silahkan donasi untuk bantu kami supaya bisa menggunakan SSL/TLS di Infoligen. Silahkan kunjungi halaman pembaruan.