Inisiatif Besar dari Si Kecil

Hari ini (1/9), beberapa orang anak mengikuti lomba mewarnai di halaman depan kos saya, Jalan Kaliurang Km. 12,5, Candikarang, Sleman, D. I. Yogyakarta. Lomba yang diikuti oleh Ananditiya Tri Aprilianto (siswa kelas IV SDN. Candi Rejo), Afif Farhan Yustyanto (siswa kelas IV SDN. Candi Rejo), Fadhilah Nur Azizah (siswi kelas V MI. Sunan Pandan Aran), Fridan Agus (siswa kelas III SDN. Candi Rejo), Rina (siswi kelas I MI. Sunan Pandan Aran) digagas oleh Rudi, seorang anak yang bersekolah di kelas IV SDN. Candi Rejo. Ide untuk mengadakan lomba mewarnai tersebut sudah ia sampaikan kepada saya beberapa hari sebelumnya. Bahkan setiap hari menjelang lomba, Rudi selalu mendatangi saya untuk mencatat nama peserta yang mendaftar.

Lomba mewarnai yang diinisiasi oleh Rudi
Lomba mewarnai yang diinisiasi oleh Rudi

 

anak-anak jakal 12,5 mewarnai bersama
anak-anak jakal 12,5 mewarnai bersama

Lomba yang diadakan dengan sederhana tersebut, seolah menjadi pengganti lomba ‘tujuh belasan’ yang pada tahun ini tidak diadakan karena bertepatan dengan bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri 1433 H. Saya merasakan kegembiraan dan semangat yang besar dari Rudi selaku penyelenggara dan peserta lomba. Setelah pulang dari sekolah pada sabtu (1/9) siang, Rudi sudah mendatangi kamar kos saya untuk membungkus kado. Hadiah bagi sang juara satu merupakan sumbangan dari Rudi. Hadiah yang sederhana itu, bernilai lebih besar daripada hadiah-hadiah pada lomba menggambar dan mewarnai dimana saya menjadi juri.

Pada saat lomba diadakan, mereka banyak tertawa. Bahkan, tidak ada satu anak pun yang diam diri. Oleh karena lomba tersebut diikuti oleh anak-anak berusia variatif, maka hadiah diperebutkan melalui hompimpah[1] untuk menjaga lomba tetap menyenangkan. Inisiatif besar bisa berasal dari siapa pun, bahkan dari seorang anak.


[1] Hompimpa atau hompimpah adalah sebuah cara untuk menentukan siapa yang menang dan kalah dengan menggunakan telapak tangan yang dilakukan oleh minimal tiga peserta. Secara bersama-sama, peserta mengucapkan kata hom-pim-pa. Ketika mengucapkan suku kata terakhir (pa), masing-masing peserta memperlihatkan salah satu telapak tangan dengan bagian dalam telapak tangan menghadap ke bawah atau ke atas.

Inisiatif Besar dari Si Kecil by Bayu Alfian is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.