Menikmati Hanoi, Hoa Lu-Tam Coc, dan Ha Long Bay (Bagian 2)

Kamis, 22 September 2011:

Bangun pagi, mandi, lalu sarapan sebelum kami dijemput untuk trip ke Hoa Lu-Tam Coc. Saya suka banget dengan hotel tempat kami menginap. Makanannya enak :))

Wisata sungai di Tam Coc

Pukul 08.30, kami dijemput dari hotel. Perjalanan dari Hanoi menuju Hoa Lu memakan waktu sekitar 2 jam. Hoa Lu adalah tempat berdirinya kerajaan kuno di Vietnam Utara, sebelum akhirnya dipindahkan ke Hanoi pada tahun 1010. Di Hoa Lu, ada 2 kuil yang kami kunjungi. Kedua kuil ini didedikasikan untuk 2 kaisar Dinh dan Le. Buat saya, kedua kuil ini nggak menarik. Indonesia punya banyak kuil dan candi yang lebih megah dan indah. 🙂

Sekitar pukul 12.00 siang, kami beralih ke Tam Coc. Karena saya dan Ninun sudah menyewa sepeda untuk keliling Tam Coc selama sekitar setengah jam, kami terpaksa ngegowes dulu sebelum makan siang. Awalnya, kami agak menyesal karena harus panas-panasan bersepeda. Kami kira acara bersepedanya waktu sore hari. Tapi ternyata pemandangan Tam Coc asri sekali.

Kelar bersepeda, kami makan prasmanan di sebuah restoran. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan naik sampan di sepanjang Hoang Long River. Acara naik sampan ini ternyata cukup lama, hampir 2 jam! Hahaha, awalnya saya sangat antusias. “Iiiih bagus yaaa! Asik, asik!” Tapi lama-lama kok panas, yaaa. Alhasil, kulit pun jadi makin eksotis karena lama terjemur sinar matahari. 🙂

Kami tiba kembali di hotel sekitar pukul 17.00. Istirahat sejenak, malamnya kami kembali menyusuri Old Quarter. Si Ninun harus cari makanan halal, jadi malam ini kami makan di restoran India. Namanya Tandoor di 24 Hang Be Street. Restoran ini recommended, tapi sayang cukup mahal.

Jumat, 23 September 2011:

Pagi ini kami berangkat ke Ha Long Bay. Perjalanan dari Hanoi ke Ha Long Bay sekitar 3,5 jam. Tiba di pelabuhan, kami menunggu sebentar sebelum kapal kami siap untuk berlayar. Oiya, tur yang kami ikuti adalah Halong Dugong Cruise. Kapalnya, menurut saya, biasa saja. Sesuai dengan harganya, mungkin ya.

Wisata Air di Ha Long Bay, Vietnam

Ada sekitar 20 turis yang ikut dalam tur ini. Setelah makan siang, kami lantas check-in. Menjelang sore, kapal menepi supaya kami bisa mampir ke dalam Hang Dau Go (Wooden stakes cave). Di dalam goa itu dihiasi stalagtit dan stalagmit. Masuk ke dalam goa ini, saya jadi membayangkan masuk ke dalam Batcave deh. ;p

Paket tur kami ini juga meliputi kayaking. Buat yang mau main air juga bisa berenang. Nggak perlu takut asalkan bisa berenang. Airnya tenang kok. Ha Long Bay ini indah banget. Very recommended to see. Kalau ada waktu (dan rejeki tentunya), lain kali saya pengin ke sini lagi. Tapi mungkin nggak perlu menginap semalam di kapal ya.

Malam hari di atas kapal, nggak ada hal lain yang bisa dilakukan selain mingle bareng turis-turis lainnya, atau tidur karena nggak ada pemandangan yang bisa dilihat pada malam hari. Gelap. Tapi kami sangat beruntung karena cuaca di Ha Long sedang cerah. Ya, ini keberuntungan kami yang kedua.

Menikmati Hanoi, Hoa Lu-Tam Coc, dan Ha Long Bay (Bagian 2) by Restituta Arjanti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.